Tes Psikologi Online

Tes psikologi adalah suatu teknik yang terstruktur yang digunakan untuk menghasilkan suatu contoh perilaku terpilih, merupakan serangkaian kegiatan pengukuran untuk mendeskripsikan seseorang baik kemampuan (ability), kepribadian dan tes prestasi. tes psikologi online diselenggarakan secara online melalu internet.

Jenis-jenis tes psikologi :

Berdasarkan atas banyaknya tes, dibedakan menjadi;

a.    Tes individual (individual test), maksudnya adalah pada suatu waktu tertentu tester hanya menghadapi satu testee, contohnya tes kepribadian Rorschach, TAT (Thematic Ap perception Test), tes int eligensi WAIS (Wechsler Adult Intellegence Scale), tes inteligensi Stanford Binet, dan lain-lain.

b.    Tes kelompok (Group test), maksudnya adalah pada suatu waktu tertentu tester menghadapi sekelompok testee, contohnya tes inteligensi  SPM (Standart Progressive Matrices), tes inteligensi APM (Advance Progressive Matrices) tes Krae- pelin, dan lain-lain.

Berdasarkan aspek yang diukur, tes dibedakan menjadi;

a. Tes kecerdasan (tes inteligensi, general intelligence test)

b. Tes bakat (aptitude test)

c. Tes kepribadian (personality test)

d. Tes minat 

Saya mencoba tes psikologi online https://mbti.anthonykusuma.com/#kepribadian dan https://www.16personalities.com/

Hasil tes saya langsung keluar disaat selesai saya memilih semua pernyataan yang ada. Hal ini dapat mempersingkat waktu dibanding tes secara konvensional. Jika tes secara konvensional, kita harus menunggu lama untuk mengetahui hasil dari tes yang telah kita lakukan. Tetapi dilihat dari sisi keakuratan, menurut saya, kita tidak bisa menyama ratakan keakuratan dari hasil tes, karena dari dua tes kepribadian yang saya coba, saya memiliki hasil yang berbeda karena memang pernyataan dengan kalimat yang berbeda. Karena dari apa yang saya tahu, jika alat tes konvensional sebagian besar memakai alat tes yang sam dengan pernyataan yang sama pula. Jadi, kemungkinan hasil yang berubah-ubah juga kecil. Jika harus memilih, saya lebih memilih tes konvensional.

 Sumber :

Nur’aeni. (2012). Tes psikologi: tes intelegensi dan tes bakat. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto Press bekerja sama dengan Pustaka Pelajar.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s