INTERNET ADDICTIVE

Menurut Young (dalam Basri, 2014) kecanduan internet dapat diartikan sebagai sindrom yang ditandai oleh individu menghabiskan sejumlah waktu yang sangat banyak dalam menggunakan internet dan tidak mampu mengkontrol penggunaannya saat online. Sedangkan David (dalam Mustafa, 2011) kecanduan internet merupakan kontrol impuls gangguan yang menyebabkan pengguna mengalami ketagihan yang menyebabkan pengguna sulit berhenti seperti judi patologis. Berdasarkan tokoh di atas kecanduan berinternet dapat pula disebut sebagai pengguna internet yang bisa menghabiskan waktu dalam rentang yang lama dan tidak dapat mengontrolnya.

Berita

Citizen6, Jakarta Mark Malkoff, seorang komedian dan pembuat film dari New York, memutuskan menghabiskan lima hari di kamar mandi yang kecil. Hal ini ia lakukan sebagai usahanya untuk sembuh dari kecanduan internet.

Sebagaimana banyak masyarakat New York lainnya, Mark menghabiskan sebagian besar waktunya untuk online, browsing, memeriksa Twitter dan Facebook tiap menit. Dia mengaku, kadang-kadang ia online sebelum tidur dan tertidur saat berselancar di dunia maya.

Saking parahnya, ia bahkan mengecek sosial media yang ia miliki saat sedang berkencan dengan istrinya. Dilansir dari Weirdlife, Selasa (15/09/2015), Mark memutuskan untuk melakukan sesuatu.

Menurutnya, kamar mandi adalah satu-satunya tempat ia bisa bebas berpikir dan jauh dari gangguan internet. Ia pun memutuskan untuk menghabiskan lima hari di kamar mandi. Mark membawa makanan, bantal, teh, dan segala hal yang ia butuhkan untuk tetap beraktifitas di kamar mandi tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Untuk menghabiskan waktu, ia membaca peta, belajar merajut, menulis surat cinta, dan segala hal yang ia lakukan agar tidak bosan dan tak berpikir tentang internet. Nyatanya, hal tersebut cukup memberikan efek yang baik bagi Mark.

Mark merasa hidupnya lebih teratur tanpa perlu menyentuh ponsel atau membuka laptopnya terus menerus. Satu hal masalahnya adalah ia mesti berbagi kamar mandi yang cukup kecil saat istrinya menggunakan kamar mandi. (sul)

Sumber : 

Basri, S. H. (2014). Kecanduan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi ditinjau dari Religiositas. Jurnal Dakwah. Vol. XV. No. 2

Mustafa.(2011). Internet Addiction and Psychopatology. Tojet : The Turkish Online Journal of Educational Texhnology. Vol. 10.Issue 1.

https://www.liputan6.com/citizen6/read/2318293/kecanduan-internet-pria-ini-tinggal-di-kamar-mandi-selama-5-hari

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s