Cyber Cheating dan Flirting

Cyber cheating adalah ketika pasangan Anda, atau diri Anda sendiri, mengambil bagian dalam kegiatan yang menghasilkan hubungan emosional atau seksual dengan seseorang di luar hubungan monogami Anda. Masalah cyber cheating adalah bahwa sebenarnya ada sekitar 60% orang yang tidak merasa interaksi virtual ini curang; mereka sangat yakin dan merasa bahwa mereka berkomitmen untuk hubungan pribadi mereka. Pada dasarnya jika Anda berbincang dengan anggota lawan jenis secara rutin di belakang pasangan Anda, dan Anda tahu mereka tidak akan baik-baik saja dengan ini, maka kenyataannya adalah Anda sangat mungkin mengambil bagian dalam cyber cheating.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk contoh cyber cheating ini sendiri ialah apabila individu sudah membina hubungan dengan kekasihnya atau bahkan suami/istri sah mereka, tetapi diam-diam membuat chat room dengan lawan jenis yang lain, diluar hubungan awal dengan arah perbincangan yang inti ini terlebih dilakukan dalam jangka waktu lama dan tanpa merasa bersalah sehingga bila hanya dengan dipikirkan saja hal tersebut akan membuat salah satu pihak dirugikan atau terluka. Maka hal tersebut dapat disebut berselingkuh.

Sumber :

http://happilyblended.com/2016/06/cyber-cheating/

Cyber Flirting ialah seseorang yang akan menggoda atau provokatif terhadap Anda melalui teks, situs jejaring sosial, email, dll. Tetapi akan menghindari berbicara dengan Anda secara langsung. Tatapan dan kilatan alis mata tidak mudah direplikasi secara online. Menggoda secara langsung bisa berbentuk mengedipkan mata atau mengangkat alis serta tersenyum, tetapi bila dilakukan secara online ada beberapa alternatif untuk isyarat non-verbal ini. Misalnya, emotikon, yang mana gambar yang dibuat dari simbol tata bahasa, mungkin menjadi alternatif yang bermanfaat. Kita bisa gunakan ekspresi wajah seperti wajah tersenyum, mengedipkan mata dan ciuman sebagai pengganti tubuh bahasa. Selain itu, daripada menggunakan tawa dan cekik yang dapat didengar, individu dapat menggunakannya akronim, seperti LOL (tertawa keras atau banyak tertawa).  ‘Display name’ yang menggoda adalah cara lain yang dapat menambah perilaku flirting online mereka (Whitty, 2003, Whitty & Carr, 2003 untuk diskusi yang lebih rinci tentang cyber-flirting).

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, contoh yang bisa saya berikan seperti seseorang laki-laki yang bermain Facebook meninggalkan komentar dikolom komentar foto seorang gadis cantic, komen tersebut disertai dengan emoticon berkedip atau kecup (lebih parah jika dalam posisi kedua belah pihak tidak mengenal).

Sumber :

Whitty, M.T. (2004). Cyber-flirting: An examination of men’s and women’s flirting behaviour both offline and on the Internet. Behaviour Change, 21(2), 115-126.

https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Cyber%20Flirt

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s