Psikologi Teknologi dan Internet

  1. Apa dampak psikologis dari seseorang yang menggunakan internet? Menurut saya  aspek psikologis seseorang yang menggunakan internet dalam hal positifnya :
  • Individu dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan dan membuat individu tersebut merasa senang karena dengan cepat menyelesaikan hambatan yang mereka hadapi dengan mencari jawaban di internet.
  • Segi komunikasi, individu lebih mudah melakukan obrolan secara online dengan kerabat jauh mereka melalui internet dan berhasil mengobati kerinduan individu tersebut.
  • Internet juga digunakan seseorang untuk mempromosikan bisnis mereka, sisi positif dari hal tersebut ialah bagaimana promosi secara online lebih cepat menyebar luas daripada promosi offline. Keuntunganpun menghampiri bisnis mereka karena adanya internet.
  • Sebagai saran belajar online, untuk menjawab kekhawatiran pelajar yang tidak bias membagi waktu antara sekolah dengan les atau bimbingan belajar di luar jam sekolah, ada solusi baru yang ditawarkan sebagian perusahaan edukasi untuk belajar atau les dari rumah, hanya dengan mendaftarkan diri disitus terkait. Efisien waktu untuk mendapatkan bimbingan belajar hanya dari rumah, tidak usah mengeluarkan banyak tenaga untuk berkendara keluar rumah.

Hal negatifnya :

  • Mudah dalam mendapatkan informasi, tetapi terkadang terlalu luas informasi yang muncul sehingga untuk sebagaian indvidu seperti anak-anak akan mendapatkan informasi yang seharusnya belum boleh untuk mereka ketahui. Seperti penggunaan Youtube yang berlebihan atau salah memasukan keyword dikolom pencarian, jika tidak diawasi dengan seksama maka akan memunculkan konten yang tidak patut dilihat anak-anak.
  • Kecanduan dalam hal menggunakan social media. Penggunaan internet yang sering dipakai oleh sebagian individu di jaman modern ini ialah social media, entah itu untuk keperluan chatting ataupun aplikasi berbagi foto, lokasi maupun pencarian pasangan. Hal ini dapat menyita waktu kita lebih banyak, karena biasanya saat seseorang menunggu di tempat umum, di dalam angkutan umum atau di kelas sekalipun, kita terkadang ingin memegang gadget kita hanya sekedar melihat-lihat aplikasi berbagi foto atau membalas chat.
  • Membuat aktfitas fisik berkurang (badan kurang bergerak), maraknya aplikasi yang sudah banyak memudahkan seseorang untuk belanja bahkan memesan makanan secara online, ternyata dapat berdampak negatif seperti individu jadi jarang keluar rumah atau pergi sendiri ke tempat yang dituju. Hal tersebut bias saja membantu tubuh seseorang agar sedikit berolahraga, tetapi dengan kemudahan yang ditawarkan membuat individu dijaman modern ini jarang menggerakan tubuh mereka agar fit.
  1. Mengapa ada seseorang yang tidak memakai identitas asli untuk social media mereka?
  • Menurut saya, ada sebagian individu yang menjaga sekali identitas asli mereka tetapi tidak mau juga dibilang ketinggalan jaman. Identitas asli seperti halnya penulisan nama disebuah aplikasi, bisa saja disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terlebih apabila aplikasi tersebut mengharuskan pengguna memasukkan tanggal lahir dan lokasi individu tersebut berada. Hal ini makin membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab menjalankan aksi curang mereka.
  • Hal lainnya mungkin ingin terlihat berbeda dengan orang lain. Individu tersebut ingin diingat dan terlihat menonjol, jadi mereka berpikir untuk menuliskan identitas mereka dengan nama yang unik atau malah terlihat rumit untuk dibaca. Seperti contohnya penamaan di facebook “S0ph1a Latjub4” atau mungkin nama pengguna di Instagram yang terkadang susah untuk dihafalkan “xwrqxryty12_”.
  • Stalker. Hal ini biasa terjadi untuk hal-hal yang memang individu tersebut mau dirinya menjadi anonymous, tetapi tetap bias melihat pergerakan orang lain yang sudah ditentukan. Mereka sengaja membuat dua akun untuk melihat akun orang lain tanpa individu tersebut mengetahui bahwa diri mereka sedang diawasi oleh seseorang yang bahkan mungkin teman dekat mereka sendiri.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s