Komunikasi

KOMUNIKASI

Komunikasi (communication)  adalah proses sosial dimana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.

Komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang ke orang lain. Komunikasi akan dapat berhasil apabila sekiranya timbul saling pengertian, yaitu jika kedua belah pihak si pengirim dan si penerima informasi dapat memahaminya.

Komunikasi menurut Carl I. Hovland adalah sebuah proses yang mungkin seseorang dapat menyampaikan rangsangan atau dengan lambang verbal yang bertujuan untuk mengubah pola tingkah laku orang lain.

JENIS-JENIS KOMUNIKASI

Komunikasi tatap muka ada dua jenis ialah :

  • Komunikasi antar personal : Komunikasi antara komunikator dengan seorang komunikan.
  • Komunikasi kelompok : Komunikasi dengan sejumlah komunikasi.

Menurut cara penyapaian informasi dapat dibedakan menjadi

1.Komunikasi Lisan.

  • Yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana ke dua belah pihak dapat bertatap muka.
  • Yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak.

2. Komunikasi tertulis

  • Yang dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan yang beritanya singkat. Jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud tertentu.
  • Naskah, yang biasanya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek
  • Blangko-blangko, yang dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.
  • Gambar dan foto, Karena tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
  • Spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak.

Menurut kelangsungannya

Di dalam proses komunikasi dapat kita ketahui terjadinya interaksi dua belah pihak tersebut sebagai berikut :

  1. Komunikasi Langsung

Proses komunikasinya dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.

  1. Komunikasi Tidak Langsung

Proses komunikasinya dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat atau media komunikasi.

MODEL ARISTOTELES

Aristoteles, seorang filsuf besar yang berinisiatif membentuk model komunikasi yang disebut “Model Komunikasi Aristoteles”. Ia mengusulkan model  komunikasi sebelum 300 SM yang mengemukakan tentang pentingnya peran penonton dalam rantai komunikasi. Teori mengenai model komunikasi ini memaparkan bahwa komunikasi terjadi apabila seseorang mulai menyampaikan pembicaraannya pada khalayak pendengar dengan tujuan mengubah perilaku mereka. Model Aristoteles adalah model yang paling klasik atau disebut juga model retoris. Oleh karena itu, model ini merupakan penggambaran dari komunikasi retoris, komunikasi publik atau pidato. Aristoteles adalah orang pertama yang merumuskan model komunikasi verbal pertama. Proses komunikasi terjadi ketika ada seorang pembicara berbicara kepada orang lain atau khalayak lain dala rangka merubah sikap mereka.

Aristoteles mengemukakan tiga unsur yang harus ada dalam proses komunikasi :

  • Speaker (pembicara), yaitu orang yang menyampaikan pesan.
  • Speech/Message (pesan atau isi pembicaraan), yaitu apa yang akan dibicarakan (menyangkut pesannya itu sendiri).
  • Audience (pendengar), yaitu orang yang menerima pesan tersebut.

Rhetoric  atau retorika, teori retorika berpusat pada pemikiran mengenai retorika yang di sebut Aristoteles sebagai alat persuasi yang tersedia. Maksdunya seorang pembicara yang tertarik untuk membujuk khalayaknya harus mempertimbangkan tiga bukti retoris :

  • Logika (logos) yaitu pemilihan kata atau kalimat atau ungkapan oleh pembicara.
  • Emosi (phatos) yaitu perrasaan emosional khalayak yang dapat dipahami dengan pendekatan “Psikologi Massa”.
  • Etika/kredibilitas (ethos) yaitu karakter pembicara yang dapat dilihat dari cara ia berkomunikasi.

Sumber :

West, Richard, & Turner, H. Lynn. 2008. Pengantar teori komunikasi analisis dan aplikasi buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

West, Richard, & Turner, H. Lynn. 2008. Pengantar teori komunikasi analisis dan aplikasi buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Nawangsari, Sri. Komunikasi bisnis. Universitas Gunadarma

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s