Job Description dan Job Specification

Job description atau deskripsi pekerjaan adalah pernyataan tertulis mengenai tugas,tanggung jawab,hubungan pelaporan,kondsi pekerjaan,metode dan teknik serta bahan dan peralatan yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan (dalam Zimmerer, Scarborough & Wilson, 2008).

Job specification atau spesifikasi pekerjaan adalah suatu pernyataan tertulis mengenai kualifikasi dan karakteristik yang dibutuhkan untuk pekerjaan menurut pendidikan, keterampilan, dan pengalaman (dalam Zimmerer, Scarborough & Wilson, 2008).

Perbedaannya adalah job desc lebih mengarah ke tugas apa saja yang di kerjakan suatu jabatan tersebut,dan secara keseluruhan hal-hal yang di dapat dan dikerjakan oleh orang pada jabatan tersebut. Sedangkan job spec lebih terinci menjelaskan kualitas atau karakteristik jabatan sesorang dan pengalaman yang dibutuhkan.

Job description dan Job Specification

Direksi keuangan

 

Job desc           :

Direksi keuangan bertanggung jawab kepada direktur utama dan membawahi  departemen personalia dan umum, departemen keungan dan departemen akuntansi. Direks ini juga bertugas untuk merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan.

Job spec           :

  1. Pendidikan: Perguruan Tinggi (S-2)
  2. Pengalaman: Minimal 3 (tiga) tahun dalam bidangnya.
  3. Kemampuan:
    1. Menguasai dasar-dasar ilmu administrasi, kepersonaliaan, keuangaurusan umum, komputer dan pembukuan.
    2. Dapat membuat, menyusun dan mengerjakan konsep dan kerangka kerja yang berhubungan dengan penjadwalan, aplikasi, pengawas dan pengembangan.
    3. Mampu merencanakan, mengadakan dan mengatur negosiasi dengan pihak-pihak lain.
    4. Mampu dan aktif berbahasa Inggris
  4. Kecekatan dan Kecermatan: Dapat memprediksi dan mengestimasi variabel resiko dan peluang.
  5. Kepemimpinan: Dapat memimpin bawahan dengan baik dalam rangka melaksanakan pekerjaannya.
  6. Prakarsa: Memiliki prakarsa yang berkaitan dengan tugas terhadap bawahannya.
  7. Analisa: Memiliki kemampuan menganalisa kinerja  administrasi, kepersonaliaan,keuangan dan urusan umum dengan baik dalam rangka pelaksanaan tugas  dan pengawasan
  8. Keadaan Darurat: Dapat belaku tenang dan bijaksana terutama dalam hal penyelamatan dokumen-dokumen. Diperlukan kesabaran dalam rangka pencapaian hasil kerja dengan ketelitian yang tinggi. Berlaku tenang, sabar, teliti dan jujur.

Sumber            :

Zimmerer, Thomas W.,Scarborough,M. Norman,& Wilson, Doug.2008.Essentials of entrepreneurship and small business management 5th ed. New Jersey: Upper Saddle River.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s