Psikologi Manajemen

  1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya manusia?

Jawab :

  • T.E. Hariandja (2002, h 2) Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan disamping faktor yang lain seperti modal. Oleh karena itu SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.
  • Mathis dan Jackson (2006, h.3) SDM adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.
  • Sumber Daya Manusia adalah tenaga manusia yang digunakan untuk menunjang kelancaran suatu perusahaan atau organisasi.

 

  1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?

Jawab :

  1. Menurut Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
  2. Menurut James D Mooney berpendapat bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
  3. Menurut Chester L Bernard (1938)  bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih (Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
  4. Menurut Victor A Thompson, Pengertian Organisasi adalah suatu integrasi dari sejumlah spesialis-spesialis yang bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.
  5. Organisasi adalah suatu perkumpulan lingkup besar yang terdiri dari beberapa anggota yang saling membantu agar dapat bersama-sama menyelesaikan suatu masalah.

 

  1. Apa tipe kepemimpin yang baik dalam organisasi?

Jawab :

Gaya Kepemimpinan Situasional
Kepemimpinan situasional ialah “a leadership contingency theory that focuses on followers readiness/maturity”. Inti dari teori kepemimpinan situational ialah bahwa suatu gaya kepemimpinan seorang pemimpin akan dapat berbeda-beda, tergantung dari seperti apa tingkat kesiapan para pengikutnya.
Pemahaman fundamen dari teori kepemimpinan situasional ialah mengenai tidak adanya gaya kepemimpinan yang paling terbaik. Kepemimpinan yang efektif ialah bergantung dari relevansi tugas, dan hampir semua pemimpin yang sukses selalu dapat mengadaptasi gaya kepemimpinan yang sangat tepat. Gaya kepemimpinan ini memudahkan seorang pemimpin untuk  mengajak bawahannya atau karyawannya untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa harus adanya kesalahpahaman.

 

Sumber            :

http://www.orangbejo.com/2016/01/15-pengertian-organisasi-menurut-para.html

http://informasiana.com/pengertian-kepemimpinan-gaya-dan-teori-kepemimpinan/

http://humancapitaljournal.com/pengertian-sumber-daya-manusia/

 

Nama : Ghina Naifah Badzlina

NPM   : 14514523

Kelas  : 3PA08

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s