GONE GIRL

Sinopsis

Pada hari ulang tahun pernikahannya yang kelima, Nick Dunne (Affleck) pulang ke rumah danmenemukan bahwa istrinya Amy (Pike), telah menghilang. Karena kegilaan media, kecurigaan pun muncul dan mencurigai Nick telah membunuhnya, dan karena perilaku anehnya orang malah menafsirkannya sebagai karakteristik seorang psikopat. Pernikahan Nick dan Amy telah hancur, akibat kehilangan pekerjaan mereka dan dalam masa resesi akibat pindah dari New York City ke Missouri ketika ibu Nick didiagnosa menderita kanker. Nick sejak itu menjadi malas, mulai menjaga jarak, dan tidak setia. Detektif Rhonda Boney (Dickens) mengungkap bukti yang menunjukkan masalah dalam rumah tangga dan masalah keuangan, dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa Amy ingin membeli sebuah pistol. Amy kemudian memalsukan kematiannya, sebagai balas dendam kapada Nick atas perselingkuhan itu. Amy meninggalkan tiga buah clue di tempat yang berbeda untuk memberi kejutan untuk nick atas anniversary mereka. Setelah itu,dia telah mengubah penampilannya dan bersembunyi di sebuah rumah yang jauh, dan dia percaya Nick akan dihukum dan dieksekusi karena tuduhan membunuhannya. Tetangga dimana tempat Amy bersembunyi mencurigai Amy sebagai seseorang yang kaya raya. Ketika tetangganya mencuri uangnya, dia kemudian menelepon mantan pacarnya yang kaya, Desi Collings (Harris). Amy meyakinkan Desi bahwa ia lari dari Nick karena takut, dan Desi kemudian setuju untuk menyembunyikannya di rumah mewahnya di pinggir danau.

Nick meyakinkan saudara kembarnya Margo (Coon), bahwa dia tidak bersalah. Nick kemudian menyewa Tanner Bolt (Perry), seorang pengacara yang mengkhususkan diri dalam membela suami yang dituduh membunuh istri mereka, untuk meningkatkan citra publik. Nick juga bertemu mantan pacar Amy, Tommy O’Hara (McNairy), yang dituduh Amy melakukan perkosaan terhadapnya meskipun itu tidak terjadi. Setelah murid Nick dan nyonya Andie (Ratajkowski), mengungkapkan hubungan mereka pada konferensi pers, Nick muncul di talk show dan meminta maaf atas kegagalannya sebagai seorang suami, tapi bersumpah dia bukan pembunuh. Penampilannya meningkatkan citra publik dan menyalakan kembali perasaan Amy kepadanya. Amy kemudian menggoda Desi dan saat mereka berhubungan seks dia Amy memotong tenggorokan Desi. Dia kemudian kembali ke rumah dengan berlumuran darah dan mengatakan bahwa Desi menculik dan memperkosanya untuk menghilangkan kecurigaan Nick. Amy mengatakan kepada Nick bahwa pria yang menonton dan memohon agar dia kembali, adalah pria yang ingin agar dia kembali bersamanya. Nick menceritakan itu kepada Boney, Bolt, dan Margo, tetapi mereka tidak memiliki cara untuk membuktikan kesalahan Amy.

Nick kemudian mengancam untuk meninggalkan Amy, itu dia lakukan untuk mengungkap kebohongan Amy. Amy kemudian mengakui perbuatannya dan juga mengungkapkan bahwa dia sedang hamil, menggunakan sperma Nick yang disimpan di sebuah klinik kesuburan. Nick sangat besemangat mendengarnya dan merasa bertanggung jawab kepada anak itu. Meskipun Margo keberatan, Nick enggan memutuskan untuk tinggal dengan Amy dan mereka mengumumkan di televisi bahwa mereka mengharapkan bisa bersama-sama dengan bayi mereka.

 Analisis Film Gone Girl

Dilihat dari cerita dalam film Gone Girl, Amy Dunne memiliki gangguan kepribadian yang mengarah pada perilaku psikopat. Gejala perilaku psikopat ini digambarkan dalam perilaku dan sifat Amy. Seseorang yang masuk dalam ketegori psikopat cenderung tidak mengikuti aturan yang ada. Selain itu gejala-gejala perilaku psikopat lainnya adalah sulitnya mengendalikan emosi, penuh dengan tipu-daya, tidak memiliki rasa penyesalan bahkan dalam beberapa waktu ia akan merasa puas, tidak memiliki rasa takut, tidak bertanggung jawab, namun memiliki sifat cerdas dan spontan. Orang-orang yang memiliki gejala psikopat pun cenderung bersikap wajar dan tenang untuk menutupi sifat aslinya, dan memiliki penampilan yang menarik. Dalam film Gone Girl ini, Amy memiliki beberapa karakteristik dari gejala-gejala perilaku psikopat tersebut.

Kasus Psikopat berhubungan dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud

  • Pembahasan Psikoanalisa

Psikoanalisa merupakan salah satu aliran dalam Psikologi yang berpandangan bahwa manusia lahir telah membawa warisan (kecerdasan, libido sexual/dorongan-dorongan perilaku yang berorientasi pada kesenangan) dari orang tua yang melahirkan, dari gagasannya ini psikoanalisa dapat digolongkan dalam aliran nativisme lawan dari empirisme yang beranggapan manusia lahir bagaikan kertas putih tanpa membawa warisan dari orang tua.

Aliran psikoanalisa yang dipelopori oleh Sigmund Freud ini berpendapat bahwa struktur kepribadian terdiri dari id (dorongan, nafsu, libido sexual), Ego (Diri), dan Superego (Nilai-nilai) . Id adalah struktur paling mendasar dari kepribadian, seluruhnya tidak disadari dan bekerja menurut prinsip kesenangan, tujuannya pemenuhan kepuasan yang segera. Ego berkembang dari id, struktur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil keputusan atas perilaku manusia. Superego, berkembang dari ego saat manusia mengerti nilai baik buruk dan moral. Superego merefleksikan nilai-nilai sosial dan menyadarkan individu atas tuntuta moral. Apabila terjadi pelanggaran nilai, superego menghukum ego dengan menimbulkan rasa salah.

  • Contoh kasus yang berhubungan dengan Psikoanalisa.

Dalam film Gone Girl ini, Amy memiliki beberapa karakteristik dari gejala-gejala perilaku psikopat tersebut.

Amy berhasil membuat orang di sekitarnya nyaman berada di dekatnya,Amy juga bias mengontrol emosi-emosinya semisal; dari kecil ia sudah di arahkan orang tuanya untuk ikut berbagai kursus dan perlombaan,dan dia tidak menolaknya. Tetapi sebenarnya dia sedikit tidak suka dengan hal tersebut. Semua hal yang telah Amy lakukan dari kecil itu membuat image pada dirinya yang disebut dengan “amazing Amy”.

Contohnya seperti pada permulaan scene ketika Amy menghilang, Amy meninggalkan jejak-jejak sebagai clue atas kepergiannya. Ini merupakan suatu tipu daya Amy dan menunjukkan adanya kecerdasan pada diri Amy hingga mampu membuat clue-clue yang dapat membuat orang-orang penasaran atas kepergiannya.Lalu sifat Amy yang merasa puas dengan balas dendam terlihat saat Nick sebagai suami Amy di sorot oleh media massa karena dituduh sebagai tersangka atas hilangnya Amy dengan dugaan membunuh Amy.

Selain itu, cara Amy yang memanipulasi cerita mengenai dirinya dengan Desi Collings (mantan kekasih Amy). Amy membuat skenario bahwa dirinya telah diculik oleh Desi, Amy membunuh Desi di kediaman Desi, lalu Amy membuat luka-luka palsu pada tubuhnya agar ia seolah-olah benar-benar diculik dan disekap oleh Desi. Kemudian Amy pulang kembali mendatangi Nick dengan penuh luka-luka palsu pada dirinya, Amy melakukan defense agar terkesan bukan dirinyalah yang salah. Dari contoh tersebut terlihat bahwa Amy pandai melakukan tipu-daya dan tetap bersikap tenang dan wajar untuk menutupi sifat aslinya yang cenderung psikopat. Dari hal terakhir pun dapat terlihat bahwa Amy tidak memiliki rasa sesal dalam dirinya setelah ia melakukan pembunuhan.

GHINA NAIFAH BADZLINA 14514523

ONE KERINA WIYASIH 18514348

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s